Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips! Mengatasi Rasa Malas Bersekolah

FebriYandiPengetahuan - Gimana rasanya kalau kita belum terbiasa dengan suasana kehidupan di sekolah setelah lama menjalani liburan? Memang di benak kita rasanya akan sangat tidak nyaman dan memilih untuk segera pulang ke rumah dan menjalani rutinitas harian kita semasa berlibur (Bagi sebagian orang).
 
Untuk mengatasi hal itu, admin akan memberikan beberapa tips dan trik untuk merubah perasaan tidak mengenakan tersebut menjadi semangat baru untuk menuntut ilmu ! Mohon disimak baik-baik ya.

1. Perbaiki Jadwal

Mulailah untuk membuat jadwal baru dan mulailah untuk menaati nya,baik itu berupa jadwal tidur, jadwal makan, jadwal belajar, jadwal bermain, jadwal maupun jadwal kapan kita diperbolehkan bermain Handphone.... Mengapa demikian? Karena dengan menempatkan diri kita dalam kondisi disiplin,kita akan lebih cepat terbiasa dalam mengatur manajemen waktu,meskipun saat itu kita sedang disibukkan dengan tugas sekolah atau tugas rumah,kita akan tetap mendapatkan jatah bermain kita,sehingga kita juga tetap memiliki istirahat yang cukup meskipun memiliki banyak sekali tanggungan.
Baca Juga : Terbukti! Ini Cara Mengatasi Masalah Kurang Tidur Pada Malam Hari

2. Memotivasi Diri

Carilah hal yang dapat membuatmu dapat mempertahankan posisi mu di sekolah,ingatlah dengan apa tujuanmu pergi bersekolah dan tetap melaksanakannya hingga saat ini.
Baca Juga Jangan Buat Kegagalan Sebagai Akhir Dari Semuanya

Bisa saja motivasinya berupa niat untuk mendapatkan nilai tinggi dan mengikuti program beasiswa,meski ada beberapa siswa yang lebih memilih tetap bersekolah sekolah untuk mendapat uang jajan,padahal mereka (siswa tadi) dapat menghasilkan uang jajan sendiri dengan membangun dsn mengembangkan bakat minat mereka yang dapat digunakan untuk menjadi modal membuka usaha.

3. Jujur

Lakukan lah secara perlahan,cobalah untuk terbuka dan jujur dengan dirimu sendiri mengenai hal yang membuat jadi malas untuk bersekolah.Boleh saja kalau kamu merasa malas melakukan sesuatu,tapi ingatlah dengan dampak yang akan kamu timbulkan nantinya.
Baca Juga Bisnis Online Gratis Tanpa Modal Untuk Mahasiswa
Jadikanlah kebiasaan buruknya itu menjadi acuan bagimu untuk merasa takut akan kegagalan dalam menjalani hidup,bukan berarti malas sekolah membuat seseorang tidak sukses,melainkan kebiasaan buruk(malas) itulah yang membuatmu menjadi gagal dalam upaya menempuh kehidupan yang lebih baik.

4. Bersyukur

Ingatlah bahwa ada segelintir orang di luar sana yang tidak dapat/mampu bersekolah,padahal mereka sangat ingin bersekolah,mereka juga ingin menempuh jalur pendidikan yang baik.

Mungkin bagimu itu adalah hal yang biasa,namun apakah "hati kecilmu" berkata demikian?
Sudah pasti tidak,di dalam lubuk hatimu,kamu juga pasti merasa tidak enak/kurang nyaman saat bertemu dengan orang yang tidak dapat/mampu bersekolah karena kamu mendapatkan sesuatu yang tidak dia dapatkan.

5. Natural

Jalani kehidupan mu seperti biasa,tidak perlu terlalu tegang dan jangan pula terlalu santai.

Akan ada saat dimana kamu memerlukan tenaga ekstra dan ada kalanya kamu memerlukan istirahat,berikanlah dorongan dan asupan untuk dirimu sendiri dengan porsi yang pas agar kamu tidak merasa tertekan bahkan hingga menyebabkan depresi.

6. Konsisten

Tetap fokus dengan apa yang ingin kamu lakukan,boleh saja kamu berbisnis sambil bersekolah namun jangan lupakan prioritas nya,kamu boleh saja mendahulukan sekolah mu saat keadaan ekonomi keluargamu baik-baik saja/sudah memiliki jaminan,kamu juga boleh lebih mendahulukan pekerjaan sampingan mu apabila kamu memang benar-benar sedang mengalami masalah ekonomi.

Baca Juga : Terbukti! 5 Cara Ini Bisa Mengatasi Rasa Malas Pada Diri Sendiri

Ingatlah,ilmu bisa kamu pelajari kapan saja,namun semangat mu untuk menambah ilmu dapat berkurang seiring waktu,jika kamu perhatikan orang yang sudah bekerja biasanya akan lebih mementingkan karirnya daripada menempuh pendidikan,namun ada juga orang yang sudah bekerja tetapi masih semangat dalam menuntut ilmu.Hal itu dikarenakan mereka sudah mampu mengatur manajemen waktu mereka dengan baik,membentuk karakter dan pribadi yang baik dan berpikir terbuka secara luas.

Demikianlah Tips mengatasi rasa malas bersekolahnya, semoga tips singkat ini bisa kalian terapkan di dalam kehidupan kalian.

Posting Komentar untuk "Tips! Mengatasi Rasa Malas Bersekolah"