Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Motivasi Agar Puasa Terasa Nikmat

Mungkin sobat-sobat di sini sedang dilema,antara larangan dan keinginan saat sedang menjalani ibadah wajib berpuasa di bulan Ramadhan . Ingatlah bahwa berpuasa di bulan Ramadhan itu adalah suatu kewajiban,jadi harus dilaksanakan. Tapi bagaimana jadinya kalau kita merasa kesulitan,bosan,tertekan,dan bahkan merasa malas menjalani nya ?

Wah...sangat disayangkan ya, Tapi tenang,kali ini admin akan memberikan beberapa motivasi agar puasa mu terasa nikmat dan berjalan dengan lancar.
Simak dengan baik ya.

1. Jangan Menahan Diri

Yang dimaksud dengan jangan menahan diri di sini bukanlah membuat kita bertindak bebas dan sesuka hati,tetapi jangan menahan diri dari kegiatan yang bermanfaat.Saat berpuasa,kita memiliki larangan-larangan pokok seperti,tidak makan dan minum,tidak mengikuti nafsu,menahan syahwat,dan lainnya.

Kegiatan ini biasanya kamu temui di hari-hari biasa misalnya,di pagi hari kamu ingin berolahraga,maka lakukanlah dengan porsi secukupnya atau hanya dengan melakukan pemanasan,atau di siang hari kamu ingin membersihkan kebun,maka lakukanlah.
Selain berguna untuk mengisi waktu,kegiatan-kegiatan tersebut juga akan menggerakkan otot-otot kita agar kita lebih terlatih beraktifitas walau sedang berpuasa dan membuat kita lebih sehat.

Bayangkan saja kalau saat berpuasa kita bermalas-malasan saja,pasti badan kita akan terasa sakit dan pegal-pegal bukan? Itu terjadi karena kita kurang menggerakkan tubuh kita.
Jadi,jangan ragu untuk terus beraktifitas seperti biasanya,dan pastikan juga kegiatan kita itu adalah perbuatan yang baik.


2. Ingat Batasan

Batasan yang dimaksud adalah banyaknya tenaga yang kamu miliki.Meski di hari-hari biasa saat tidak berpuasa kamu mampu beraktifitas fisik yang menghabiskan banyak tenaga,akan sangat berbeda kalau kamu tetap melakukan aktifitas itu sambil berpuasa.Hal yang membedakan adalah terbatasnya tenaga yang kamu miliki.

Perhatikan dengan betul apakah kamu mampu melakukan suatu aktifitas dengan tidak mengeluarkan usaha yang terlalu besar seperti berlari,mengangkat beban berat,dan sebagainya.
Namun,jika memang harus melakukan nya maka lakukanlah baik itu karena urusan pekerjaan maupun permintaan,karena itu merupakan salah satu bentuk ibadah.Ketahuilah bahwa jalan seseorang untuk beribadah akan selalu dipermudah oleh Allah Swt.

3. Mudah Kok


Loh,kok mudah sih ? Malah gak nyambung nih, Ketahuilah,Agama Itu mudah jadi jangan dipersulit,jadi setiap jalan untuk melakukan ibadah akan dipermudah.Memang awalnya terasa berat,anggap saja itu pemanasan dan akan menjadi ringan seiring dengan berjalannya waktu.

4. Puasa Gak Bikin Mati Kelaparan Kok


Sekilas setelah melihat tulisan di atas mungkin akan menyisakan perasaan tidak mengenakan di benakmu karena merasa tidak bertanggung jawab dengan tanggungan puasa yang harus dijalani atau mungkin merasa malu dengan teman sebaya mu karena mereka dapat menjalani puasa dengan baik.
Berpikiran demikian? Kalau iya,berarti kamu masih memiliki kesadaran akan pentingnya berpuasa,jadi laksanakanlah.

Secara ilmiah,tubuh manusia masih berfungsi walau tanpa makan selama 2-4 minggu dan dengan memanfaatkan lemak dalam tubuhnya yang tersimpan,jadi akan menurunkan resiko mengidap penyakit kolestrol atau obesitas,jadi tidak mungkin kan kita mati kelaparan hanya karena menahan makan dan minum selama setengah hari ?

5. Semua Akan Berlalu


Maksud saya adalah,waktu akan terus berjalan dan tidak akan berhenti setiap harinya. Mungkin kamu pernah merasa bahwa waktu berjalan lamban saat kita berpuasa ataupun pernah merasa kalau waktu di hari ini terasa singkat dibandingkan hari kemarin.
Tidakkah kamu perhatikan di antara keduanya? Saat kamu merasa waktu berjalan lamban,kamu terus-terusan memperhatikan jam dan menghitung berapa lama waktu yang sudah kamu lalui. Sebenarnya kegiatan itu bukanlah hal yang salah sih,hanya saja saat kita terus-terusan memperhatikannya kita akan ter-sugesti untuk terpaku pada jam dan mengikuti nya. Mudahnya begini,saat kamu memeriksa jam untuk melihat jam berapakah saat itu,akan sangat berbeda rasanya jika kamu memeriksa jam untuk melihat detik berapakah itu.

Melihat jam boleh saja,malah dianjurkan bagi orang yang sedang memiliki tugas agar dapat membagi waktu,tapi jangan sampai karena saking seringnya melihat jam hingga membuat kita memperhatikan berapa lama waktu yang diperlukan untuk melewati 1 menit. Misalkan saja,kamu pergi ke kamar dan kembali lagi ke ruang tamu dalam waktu 1,8 menit maka sejak saat itu kamu akan terus berusaha melakukan hal lainnya untuk membuat waktumu berjalan lebih cepat.


6. Kamu Tidak Sendirian


Menjalani ibadah itu hukumnya wajib bagi seluruh kaum Muslim,jadi baik itu Seorang Kakek,Nenek,Bapak ataupun Ibu hingga Remaja (Jika sudah Aqil Baligh) wajib melaksanakannya.
Permisalan,kamu berusia 16 tahun dan sudah Aqil Baligh,maka Kamu diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan.

Ingatlah bahwa Kamu bukanlah satu-satunya remaja di Dunia ini,kamu juga memiliki beberapa teman seiman dan memiliki kewajiban yang sama sepertimu. Masa iya kamu gak malu kepada teman,saudara,atau sepupumu sendiri saat tidak menjalankan kewajiban yang sama

Mungkin saja kamu termasuk golongan orang yang tidak suka disamakan dengan orang lain,jadi sepertinya menurutmu agak tersinggung atau bahkan tidak setuju dengan penjelasan di atas. Sebenarnya hal ini sah-sah saja karena pada umumnya Manusia memang tidak diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan yang sama,melainkan berbeda-beda agar Kamu tahu bahwa sebenarnya Kamu itu unik karena dapat melakukan hal yang tidak dapat dilakukan orang lain walaupun memiliki kekurangan yang tidak dimiliki oleh orang lain.
Baca Juga Tips! Mengatasi Rasa Malas Bersekolah

Jadi apa salahnya menjalankan kewajiban dengan cara yang  berbeda,jika memang tidak kuat maka jangan terlalu dipaksakan dan mintalah penangguhan (keringanan) kepada Wali (Orang tua,Kakak,Sepupu,Paman,dll) agar kamu dapat mengistirahatkan tubuhmu. Meninggalkan suatu kewajiban memang salah tetapi jika memang tidak kuat / tidak sanggup maka jangan dipaksakan (apabila mulai merasa kalau kewajiban itu terasa tidak penting atau disepelekan),akan tetapi tetap berjuang dan bersabar itu lebih utama.


7. Terlalu Istimewa Untuk Ditinggalkan


Pernah kebayang gak sih ? Pas hari ini sengaja meninggalkan puasa,besoknya malah menyesal karena meninggalkannya. Pas sudah dinanti-nanti selama setahun penuh,tapi ditinggalkan.
Padahal bulan ini istimewa loh,di bulan ini kita bisa bertemu dengan malam yang setara dengan ibadah yang lebih baik daripada malam 1000 bulan ( Lailatul Qad'r ).

Di bulan ini juga kita dapat memperbaiki segala kekurangan yang ada,misalnya jam tidur,kedisiplinan,perilaku,keinginan,pola makan,dan lain-lain karena larangan-larangan saat berpuasa memang bertujuan untuk hal itu.

Selain dapat bermanfaat bagi diri sendiri,di bulan ini juga kita diwajibkan untuk menjadi Manusia yang memiliki toleransi dan kepedulian terhadap sesama ( Seiman maupun berbeda Iman / kepercayaan ). Bagaimana tidak ? Saat berpuasa kita juga merasakan apa yang dirasakan oleh Kaum Fakir ( miskin ) untuk menahan lapar karena tidak mampu mendapat makanan.
Oh ya,ada 1 lagi nih keistimewaan berpuasa

Baca Juga :

Tau gak ? Kalau perut kita dalam keadaan kenyang,rasa kantuk dan malas akan menghampiri kita secara perlahan dan tanpa disadari akan membuat pikiran tidak konsentrasi. Sebaliknya,saat kita sedang kelaparan kita akan memiliki pikiran yang segar dan konsentrasi yang tinggi. Contohnya saja kasus di atas,konsentrasi kita akan terfokus pada hitungan detik hingga terasa sangat lama.


Nah,itulah 7 motivasi agar puasa kita terasa nikmat.
Semoga dengan tulisan ini,kita semua akan memiliki kesadaran mengenai betapa luar biasanya ibadah yang satu ini sehingga merasa betah berpuasa.

Posting Komentar untuk "7 Motivasi Agar Puasa Terasa Nikmat"